Top Ads

Akses OpenIX (Open Indonesia Internet eXchange)

Layanan akses OpenIX  diberikan kepada seluruh lokasi yang terhubung dengan Jardiknas. OpenIX adalah interkoneksi antar komunitas penyedia jasa internet (ISP – Internet Service Provider) di Indonesia. Dengan demikian seluruh lokasi yang terkoneksi dengan Jardiknas dapat mengakses berbagai sumber daya informasi (contoh: website atau sejenisnya) yang tersedia melalui link ISP-ISP Nasional secara langsung tanpa melalui jalur internasional (Internet Link). Kapasitas koneksi Jardiknas ke OpenIX saat ini yang disediakan sebesar 2 x 100 Mbps (Total 200 Mbps).
Layanan akses OpenIX ini sepenuhnya dikendalikan oleh NOC (Network Operation Center) Jardiknas.  Oleh karena itu layanan ini secara default dibatasi hak aksesnya satu arah saja yang berlaku di setiap node lokasi di seluruh zona Jardiknas. Hak akses satu arah yang dimaksud adalah setiap node lokasi tersebut dapat mengakses ke OpenIX secara langsung namun tidak bisa sebaliknya. Kebijakan ini diterapkan dengan alasan untuk menjaga keamanan sistem di seluruh node lokasi Jardiknas.
Namun demikian  setiap node-node lokasi dapat mengajukan layanan komunikasi dua arah melalui OpenIX kepada Admi Jardiknas. Syarat bagi node-node lokasi yang dapat diberikan ijin untuk dapat berkomunikasi dua arah dengan OpenIX adalah sebagai berikut:
  1. Sanggup menjamin dan bertanggung jawab terhadap konfigurasi dan keamanan sistem di node masing-masing.
  2. Memiliki alternatif link lain ke Internet melalui salah satu ISP (jalur lain non-Jardiknas).
  3. Memiliki IP Public lain diluar dari alokasi Jardiknas.
 

0 komentar:

Posting Komentar